Tips Untuk Menerapkan Metode Pembelajaran STEM Pada Siswa Secara Online

Tips Untuk Menerapkan Metode Pembelajaran STEM Pada Siswa Secara Online

Saat ini aktivitas belajar tidak hanya bisa dilakukan secara offline atau tatap muka, akan tetapi juga sudah dapat dilakukan secara online terutama ketika dunia sedang dilanda oleh pandemi, hampir semua kegiatan dilakukan secara online termasuk proses belajar. Tidak hanya teknologi untuk belajar saja yang semakin maju, akan tetapi juga metode pembelajaran yang digunakan juga semakin maju.

Saat ini metode pembelajaran STEM adalah salah satu metode pembelajaran yang paling efektif dan efisien saat ini banyak sekolah – sekolah yang sudah menggunakan metode pembelajaran STEM ini yang membuat mereka disebut sebagai Sekolah STEM. Akan tetapi tentu saja mengaplikasikan metode pembelajaran STEM secara offline atau tatap muka dan secara online adalah dua hal yang berbeda.

Para tenaga pengajar atau para mentor pada Sekolah STEM harus jeli dalam memberikan pendekatan yang baik dan benar menggunakan metode pembelajaran STEM ini agar hasil yang dapat dicapai lebih maksimal. Nah, untuk membantu kalian akan kami berikan tips mengenai bagaimana cara menerapkan metode pembelajaran STEM ini pada Sekolah STEM yang sedang melakukan aktivitas belajarnya secara online.

Yuk, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini sehingga kalian akan mendapatkan gambaran mengenai apa – apa saja yang harus kalian lakukan untuk menerapkan metode pembelajaran STEM ini pada pembelajaran online.

Mulai Dengan Pertanyaan Esensial

Buat kalian yang mungkin belum tahu, pertanyaan Esensial adalah pertanyaan yang tidak hanya dapat dijawab oleh anak – anak berdasarkan hafalan yang sudah mereka lakukan akan tetapi lebih dari itu. Pertanyaan ini sendiri adalah pertanyaan yang dapat menstimulasi anak – anak untuk berpikir lebih keras sehingga dapat muncul pertanyaan – pertanyaan baru yang membuat jawaban yang mereka dapatkan bukanlah jawaban yang umumnya kalian dengar.

Dengan memberikan pertanyaan seperti itu maka anak – anak diharapkan terlibat lebih dalam lagi dan tidak hanya menerima teori – teori akan tetapi memiliki peran yang lebih aktif sehingga hasil yang didapatkan juga akan semakin maksimal.

Memberikan Tugas Proyek Mandiri Maupun Kelompok

Setelah sedikit pemanasan dengan pertanyaan Esensial, kalian dapat memberikan para peserta didik proyek – proyek yang dapat dilakukan secara mandiri atau bahkan bisa dikerjakan secara berkelompok. Kalian harus memberikan arahan kepada para peserta didik mengenai bagaimana tugas kelompok ini harus dilakukan sehingga mereka melakukannya tanpa melenceng dari yang seharusnya.

Kegiatan Proyek yang satu ini bertujuan agar para peserta didik dapat lebih terorganisasi dengan baik dalam memecahkan suatu masalah dan selain itu juga membuat mereka dapat lebih baik dalam bersosialisasi serta bekerja sama.

Tentukan Deadline Proyek

Tentu saja agar para peserta didik melakukan proyek mereka sesuai dengan yang diharapkan maka harus ada Deadline Proyek, yang artinya semua proyek terus harus selesai pada waktu yang sudah ditentukan. Dengan memberikan batas waktu yang tentu saja harus masuk akal ini, maka akan membuat proses belajar menjadi lebih efektif karena para peserta didik akan memanfaatkan waktu mereka sebaik – baiknya.

Pantau Proses Proyek Mereka

Setelah memberikan Deadline maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memantau prose proyek yang dilakukan oleh para peserta didik, untuk memantaunya ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar akurat. Salah satunya adalah dengan meminta ketua kelompok untuk mengisi sebuah formulir “Progress” yang dapat dilakukan secara online dengan begitu kalian dapat memantau proses tersebut dengan lebih akurat.

Nah, dengan begitu kalian bisa merangkum sejauh mana proses proyek yang sudah dilakukan oleh para peserta didik, apakah mereka melakukan proyek mereka sesuai dengan Deadline yang diberikan apakah tidak.

Pengumpulan Dan Pemberian Nilai

Saat Deadlinenya sampai, sudah saatnya proyek – proyek yang mereka kerjakan untuk kalian kumpulkan sehingga bisa kalian evaluasi dan caranya juga bisa bermacam – macam kalian bisa minta mereka melakukan proyek tertulis atau bahkan meminta untuk melakukan presentasi. Apapun caranya yang penting adalah apakah proyek yang kalian berikan memang mereka lakukan sesuai dengan arahan kalian dan apakah hasil yang kalian inginkan sudah tercapai.

Terlepas dari itu, kalian harus memberikan para peserta didik penilaian sesuai dengan hasil yang mereka capai dan memberikan evaluasi kepada mereka mengenai apa saja yang kurang dan masih bisa mereka perbaiki.

Nah, di Indonesia sendiri sudah ada institusi pendidikan atau Sekolah STEM yang menggunakan metode pembelajaran STEM dalam aktivitas belajar para peserta didik yang salah satunya adalah Robothink Indonesia. Tempat kursus Robothink Indonesia ini sendiri merupakan tempat kursus yang tepat buat kalian atau anak – anak kalian yang tertarik dengan ilmu pengetahuan Robotika.

Artikel Unggulan

Categories